JURNAL KESEHATAN PERTIWI_ _

HUBUNGAN KEPATUHAN PELAKSANAAN SENAM HAMIL DENGAN KEMAJUAN PERSALINAN PADA IBU BERSALIN DI DESA WINDUJAYA KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON TAHUN 2015

Listyaningsih, S.ST & Laily Rachmawati, S.SiT

Poltekes Bhakti Pertiwi Husada Cirebon

 ABSTRAK

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanaan pada awal bulan Juni 2015 di Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon ternyata masih banyak ditemukan ibu hamil jarang melakukan senam hamil dan kemajuan persalinan pada ibu bersalinnya lama, dari hasil wawancara terhadap 10 ibu bersalin 6 orang (60%) mengatakan kurang patuh dalam  melakukan senam hamil dan merekan mengatakan proses persalinannya lama sedangkan dari 4 orang (40%) mengatakan patuh melakukan senam hamil dan proses persalinannya normal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Kepatuhan Pelaksanaan Senam Hamil Dengan Kemajuan Persalinan Pada Ibu Bersalin di Desa Windujaya Kecamatan SedongKabupaten Cirebon Tahun 2015.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional.  populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang melakukan pemeriksaan di Desa Windujaya Kecamatan SedongKabupaten Cirebon  pada bulan Juli 2015 berjumlah 32 orang dan Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik “Total Sampling”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Data dianalisis secara univariat dan bivariat.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan Pelaksanaan senam hamil di Desa Windujaya mayoritas (52,2%) responden penelitian sudah melakukan senam hamil dan kemajuan persalinan pada ibu bersalin sebagian besar (58,7%) kemajuan persalinannya cepat. Terbukti ada Hubungan Kepatuhan Pelaksanaan Senam Hamil Dengan Kemajuan Persalinan Pada Ibu Bersalin di Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon Tahun 2015 dengan uji statistic dengan menggunakan chi squere menunjukan bahwa nilai P. Value 0.001 atau (<0,05).

Saran Bagi masyarakat khususnya ibu hamil disarankan agar rutin menjalankan senam hamil supaya saat persalinan tiba dapat berjalan lancar dengan waktu persalinan yang normal yaitu kurang dari 24 jam.

 Kata kunci : senam hamil, Kemajuan Persalinan Pada Ibu Bersalin


File Jurnal : DWONLOAD