JURNAL KESEHATAN PERTIWI_

HUBUNGAN ANTARA PRESEPSI KEHAMILAN DENGAN SIKAP SISWA KELAS XI TERHADAP KEHAMILAN DI LUAR NIKAH   DI SMA 1  SUSUKAN KABUPATEN CIREBON TAHUN 2014

 Ade Rahayu & Rosidah

Politeknik Kesehatan Bhakti Pertiwi Husada Cirebon

 ABSTRAK

Kehamilan di luar nikah, merupakan suatu akibat dari suatu tindakan remaja yang melakukan hubungan seksual sebelum waktunya yaitu sebelum menikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dengan sikap siswa kelas XI tentang kehamilan di luar nikah di SMA 1 Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015.

Dari sudut analisisnya penelitian ini merupakan penelitian deskriftif analitis. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas XI di SMA 1 Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015 sebanyak 135 orang siswa . Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 35% yaitu 34 siswa yang diambil secara simple random sampling.

Hasil penelitian Persepsi tentang kehamilan di luar nikah di SMA 1 Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015 adalah 38,2% permisif dan 61,8% apermisif. Sikap siswa kelas XI tentang kehamilan di luar nikah di SMA 1 Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015  adalah 29,4% negatif dan 70,6% positif.

Kesimpulannya ada hubungan signifikan pre-eklamsia dengan kejadian perdarahan post partum pada ibu bersalin di RSUD Indramayu tahun 2015 dengan nilai X2=28,783, p-value 0,017 dan OR 2,3 pada CI 95% Ada hubungan signifikan antara persepsi dengan sikap siswa kelas XI tentang kehamilan di luar nikah di SMA 1 Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015 dengan  p-value 0,017.

Saran bagi siswa diharapkan siswa terus meningkatkan pengetahuan tentang sistem reproduksi sehingga dapat memahami dampak positif dan negatif dari perilaku yang berkaitan dengan sistem reproduksinya.

Kata Kunci      : Persepsi Kehamilan, Sikap Siswa


 File Jurnal :  DWONLOAD