_ JURNAL KESEHATAN PERTIWI

PENGARUH PERAN  PETUGAS KESEHATAN TERHADAP PARTISIPASI KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI DESA KEDONGDONG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2015

Rica Arieb Shintami dan Maesaroh

Politeknik Kesehatan Bhakti Pertiwi Husada Cirebon

 ABSTRAK

 Posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, yang dilaksanakan oleh kader kesehatan yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan dari puskesmas mengenai pelayanan kesehatan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran  petugas kesehatan terhadap partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Desa Kedongdong Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon  Tahun 2015.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian non-eksperimen dan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif korelasional dengan metode survey.  Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh kader posyandu di Desa Kedongdong Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015 bulan Juli 2015 yang berjumlah 30  kader dari 5 posyandu. Pada penelitian ini jumlah populasi hanya 30 sehingga semuanya diambil sebagai sampel penelitian. Jadi teknik samplingnya adalah total sampling.

Hasil penelitian Peran petugas kesehatan dalam kegiatan posyandu di Desa Kedongdong Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015  23,3% baik,  43,3% cukup dan 33,3% kurang. Dan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Desa Kedongdong Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015  adalah 16,7%  baik,  46,7% cukup dan 36,7% kurang.

Kesimpulannya Ada hubungan signifikan peran petugas kesehatan dengan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Desa Kedongdong Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2015  dengan nilai Rho 0,673 dan p-value 0,002.

Saran untuk para kader posyandu hendaknya lebih aktif lagi dalam kegiatan posyandu sebagai wujud aktualisasi diri dan pengabdian kepada masyarakat

 Kata Kunci      : Peran Petugas Kesehatan, Partisipasi Kader


File Jurnal : DWONLOAD